Perpanjang Passport Dalam 1 Hari

Fanny Wiriaatmadja

Hari ini saya cobain perpanjang passport dengan daya usaha sendiri alias online alias ga pake calo-caloan, apalagi lewat travel agent. Sebenernya sih sebelumnya udah niat mau pake calo, eh apa daya nomor telepon calonya raib, udah ga ada di phonebook entah mengapa dan bagaimana. Udah book perpanjangan lewat travel agent juga, eh travel agentnya di tengah jalan ‘nyerah’ dengan alasan sekarang perpanjangan passport lewat agent lagi agak dipersulit – ceritanya sih mungkin pemerintah mau meng-encourage orang supaya langsung perpanjang passport sendiri (seperti tindak heroik yang saya lakukan hari ini) sehingga lewat travel agent sekarang prosedurnya dibuat lebih berbelit-belit (gatau bener/ga).

Jadi OK deh saya ngaku, sebenernya saya perpanjang passport sendiri/online adalah karena terpaksa alias keadaan tidak mendukung dan bersahabat seperti disebutkan di atas. Tapi at the end, ga nyesel loh jalanin semuanya sendiri dari awal. Malah ada kepuasan sendiri.

Kira-kira langkah-langkah awal yang saya lakukan :

1. Browsing – saya…

View original post 1,628 more words

Leave a Reply

